PENGOPRASIAN SOFTWARE PENGOLAH KATA
MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor)
yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk
surat kabar, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih
banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan
Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft
Word, mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam modul istilah
screen Layout(tampilan layar), Menu, dan Toolbar. Screen Layout atau
tampitan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan
sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan
program ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, dapat dilihat pada
gambar dibawah ini.
1. Beberapa kelebihan pada Microsoft Word
* Pengoperasian mudah dan sederhana
* Dapat memasukkan atau menggabungkan gambar (Grafik) atau objek Lain.
*
Tampilan yang digunakan adalah WYSIWYG ( what you see ls what you Get)
artinya apa yang terlihat pada layar monitor adalah yang akan
dihasilkan apabila kita mencetaknya pada printer.
2. Menjalankan Program pada Microsoft Word
Untuk memulai program Microsoft word dari tampilan Windows, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
a. Klik menu Star pada taskbar.
b. Sorot ke Menu Program, Pilih Microsoft word, Lalu klik atau tekan enter.
c. setelah itu Microsoft word akan menampilkan lembar kerja seperti
Elemen dasar yang perlu di katahui dalam word diantaranya :
# Baris Judul (Tittle Bar), berisi nama file dan nama program yang sedang aktif
# Baris Menu (Menu Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
# Baris Toolbar (Tool Bar), perintah-perintah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
#
Baris Penggulung (scrool Bar), untuk menggeser layar ke kiri atau ke
kanan gunakan baris penggulung horizontal, sedangkan untuk menggeser
layar ke atas atau ke bawah gunakan baris penggulung vertical
# Titik sisip (insertion Point), setiap karakter yang akan anda ketik akan muncul pada posisititik sisip ini.
# Garis Mistar Mendatar (Ruler), memperlihatkan batas daerah pengetikan.
# Status bar, memuat informasi tentang halaman yang anda sunting seperti nomor halaman,total halaman, dan posisi titik sisip.
3. Keluar dari MicrosoftWord
Sebelum
keluar , pastikan bahwa dokumen yang selesai di edit telah di simpan
(Save). Untuk menutup/keluar dari program Microsoft Word jika sebelumnya
masih dalam lembar kerja aktif, maka tutup lembar kerja tersebut dengan
prosedur berikut ini:
a. Klik File
b. Kllk Close
Atau klik
tanda X pada pojok kanan lembar kerja sejajar dengan baris menu. Untuk
keluar dari program Microsoft Word ikuti prosedur sebagai berikut:
# Klik File
# Klik Exit
4. Menu pada MicrosoftWord
Perintah
yang ada pada Microsoft Word dikenal dengan istilah Menu, Menu yang
terdapat pada Microsoft Word dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Menu Pull Down
lstilah
menu Pull Down yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian
yang hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari
(daftar perintah). Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang
dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.
b. Menu Toolbar
Toolbar
menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses
sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu
dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.
Toolbar Standar
Perintah
pada Microsoft Word banyak ditampilkan dalam bentuk lcon dan
Toolbar.Ada bebe rapa toolbar dalam bentuk standar diantaranya:
a. Toolbar Judul
Pada
bagian Baris Judul, dapat kita lihat nama file yang sedang kita buka,
jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka,
biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama
Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
b. Toolbar Menu
Toolbar
berisikan icon-icon yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang
tertulis pada menu Pull Down Baris ini digunakan untuk membantu operator
dalam mengedit suatu naskah. Tampilan baris menu utama adalah sebagai
berikut.
Menu dan sub menu mempunyai fungsi yang
berbeda-beda. setiap sub menu mempunyai ikon atau gambar kecil yang
mewakilinya sehingga lebih mudah penggunaanya. Berikut ini akan
dijelaskan secara singkat fungsi dari setiap menu, submenu, dan ikonya.. Fungsi menu FiIe
a. New, berfungsi untuk membuat dokumen baru
b. open, berfungsi untuk membuka file dokumen yang pernah dibuat.
c. Close, untuk menutup dokumen yang sedang aktif
d. Save, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang dibuat.
e. Save As, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau menyimpan dokumen dengan menggunakan nama baru.
f. Page Setup, berfungsi untuk mengatur tampilan halaman dokumen dengan menggunakan nama yang baru.
g. Print Preview, berfungsi untuk melihat tampilan dokumen yang telah dibuat.
h. Print, berfungsi untuk mencetak yang telah dibuat.
i. Exit, berfungsi untuk keluar dari Microsoft word sekaligus menutup dokumen.
2. Fungsi Menu edit
a. Undo Typing, berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
b. Redo Clear, berfungsi untuk mengulangi perintah terakhir yang dibatalkan.
c.
Cut, berfungsi untuk menghapus teks atau gambar dimana teks dan gambar
tersebut bisa dimunculkan kembali dengan perintah paste.
d. Copy, berfungsi untuk menyalin teks atau gambar pada dokumen.
e. Paste, berfungsi untuk menampilkan hasil perintah copy atau cut
f . Select All, berfungsi untuk menyorot semua teks atau gambar dokumen yang akan diolah.
g. Find, berfungsi untuk mencari kata atau teks dari dokumen.
h. Replace, berfungsi untuk mengganti teks suatu dokumen.
i. Go to untuk menuju halaman tabel, Footnote, page, atau bagian lain dalam dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar